Wisata Perut Bumi Goa Lawa


Wisata Perut Bumi Goa Lawa

Wisata Perut Bumi Goa Lawa – WisataPerut Bumi Goa Lawa ini menang benar-benar unik, karena memiliki lorong yang panjangnya hampir 1 km lebih dengan rata-rata lebar dinding dari bebatuan kars vulkanik 5 meter yang terbentuk dari tumpahan lava gunung Slamet yang membeku beberapa ratus tahun lalu. Goa Lawa ini terletak di lereng kaki gunung slamat, tepatnya didesa Siwarak Kecamatan Karangreja, Purbalingga Jawa Tengah.

Mendengar namanya sekilas memang menyeramkan. Goa ini dinamai Lawa (kelelawar) karena jadi tempat bersarangnya kelelawar liar gunung slamet. Dan bagi yang suka tantangan dan penggila wisata alam, Goa Lawa menanti untuk di jajaki. Karena selain keindahan bentuk staklakmit dan staklaknit yang terlihat masih asri alami, dalam goa yang gelap dan masih dipenuhi kelelawar tersebut akan memberikan pengalaman petualangan yang seru dan mengesankan.

Untuk menyusuri lokasi Wisata Perut Bumi Goa Lawa tersebut para pengunjung harus merelakan memasuki lobang tanah lembab dengan suara tetesan air dari dinding staklatmit yang kadang terdengar bergema dikeheningan . Namun walau dalam lubang kelembabannya tinggi, dibeberapa titik terdapat lubangĀ­-lubang yang berfungsi sebagai jendela atau fentilasi udara dan masuknya cahaya sinar matahari.

Wisata goa lawa luasnya sekitar 11 hektare yang sudah di beri fasilitas tempat parkir, mushola, toilet kamar mandi,sampai sarana panggung hiburan juga terlihat berdiri disana. Kalau anda mencari penginapan disekitar lokasi juga banyak penginapan semacam homestay yang telah disediakkan warga setempat.

Untuk menuju obyek Wisata Perut Bumi Goa Lawa ini, anda harus mengarahkan kendaraan dari kota purbalingga menuju utara. setelah sampai pertigaan Karangreja, perhatikan ada Papan Selamat Datang ke Obyek Wisata Gua Lawa, ikuti petunjuk arah tersebut, kurang lebih sekitar 3 km dengan jalanan menanjak kadang berkelok baru sampai lokasi wisata Gua Lawa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *